Senin, 03 Mei 2010

Bagaimana Mengatasi Print Job Yang Bermasalah

Seringkali terjadi suatu print job tidak dapat diproses oleh Windows dan saat yang bersamaan print job tersebut tidak dapat dihapus. Print job yang macet akan mengakibatkan print job lainnya terhambat dan juga tidak dapat diproses. Bahkan terkadang dengan mereset komputer tidak dapat mengatasi permasalahan ini. Namun ada cara yang cepat dan efisien untuk menghapus print job macet dari antrian cetak Anda. Caranya sangatlah mendasar, yaitu Anda perlu menghentikan Print Spooler service, menghapus print job macet secara manual dan setelah itu mereset Print Spooler service.

Semua itu dapat dilakukan melalui command line Windows agar lebih efektif atau melalui interface Windows Explorer untuk pengguna yang lebih suka menggunakan proses klak klik sana dan sini untuk melakukan proses tersebut. Untuk menggunakan proses GUI, tekan [Windows R], ketikkan [services.msc] dan cari Print Spooler service. Klik kanan service tersebut dan pilih [Stop] dari menu konteks. Ini akan menghentikan Print Spooler yang akan memungkinkan Anda untuk menghapus print jobs dalam antrian cetak. Jangan tutup jendela tersebut, karena akan kita perlukan untuk memulai Print Spooler service.

Sekarang gunakan Windows Explorer untuk membuka %systemroot%\system32\spool\printers\ dan hapus seluruh file yang ditemukan didalamnya. Setelah semuanya dilakukan maka sekarang adalah waktunya untuk memulai Print Spooler lagi. Hal ini dilakukan dengan menu yang sama ketika menghentikannya. Klik kanan tidak akan menampilkan opsi untuk [Start] Print Spooler service lagi. Seluruh print jobs seharusnya sudah tidak ada lagi dan seharusnya Anda sudah bisa melakukan print job lagi.

Jika Anda lebih menyenangi menggunakan command line, Anda bisa menggunakan empat perintah di bawah ini. Mungkin lebih baik memasukkan command-command tersebut ke dalam sebuah file batch.

net stop spooler
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.shd
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.spl
net start spooler

Script di atas akan melakukan hal yang sama dengan cara manual.

Selain dengan cara manual di atas, Anda juga bisa mengatasi permasalahan print job yang macet dengan menggunakan aplikasi Stalled Printer Repair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah membaca artikel di atas.
Apa komentar anda ??