Rabu, 29 September 2010

Rahasia : Pengantar algorithma pemrograman terstruktur


Sesuai dengan permintaan dari teman-teman yang lagi sibuk nyari artikel tentang pemrograman terstruktur sebagai tugas pertama dari dosen yang IMOET nan humoris itu kali ini gw mau posting tentang tugas tersebut tapi sebelum dicetak tolong di edit dulu ya biar kliatan kreatip dikit nyonteknya(xixixixixixi..). Buat para pengunjung yang lainnya mohoon maap yah. Kali ini postingan gw agak melenceng dikit dari isi utama blog ini, mohon di maklumi. Ok gk perlu banyak basa basi lagi langsung aja. Check this out..!!

Beberapa istilah yang perlu diketahui dalam dunia pemrograman antara lain adalah sebagai berikut.
**Program**
Program adalah kumpulan instruksi/perintah yang disusun sebagai satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer Bahasa pemrograman merupakan prosedur atau tata cara penulisan program.

**Pemrograman**
Pemrograman adalah proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Algorithma berasal dari kata algoris dan ritmis, yang pertama kali diungkapkan oleh Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al Khowarismi (825 M) dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqabla. Dalam bidang pemrograman algorithma didefinisikan sebagai suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

**Bahasa Pemrograman**
Bahasa pemrograman berfungsi sebagai media untuk menyusun dan memahami suatu program komputer serta sebagai alat komunikasi antaraprogrammer dengan komputer. Bahasa pemrograman digolongkan menjadi beberapa tingkatan yaitu :

Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
Bahasa tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin. Disebut tingkat rendah karena bahasa ini lebih dekat ke bahasa mesin daripada bahasa manusia. Yang tergolong dalam bahasa tingkat rendah adalah bahasa assembly.
Kelemahan bahasa tingkat rendah antara lain :
- sulit dipelajari karena programmer harus mengetahui seluk beluk perangkat keras yang digunakan
- bahasa assembly untuk satu jenis mikroprosesor satu dengan yang lain sangat jauh berbeda karena belum ada standardisasi. Contoh : bahasa assembly untuk mikroprosesor Intel 8088 dengan bahasa assembly untuk mikroprosesor Z-80 sangat jauh berbeda
- fungsi-fungsi yang tersedia sangat terbatas, misalnya tidak ada fasilitas untuk pemrograman grafik, fungsi-fungsi numerik & string, dll.
Selain memiliki kelemahan seperti tersebut di atas, bahasa assembly memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain yaitu :
- kecepatan eksekusi dari program yang ditulis dengan bahasa assembly sangat tinggi, paling cepat dibanding dengan program-program yang dibuat menggunakan bahasa yang lain
- executable file yang dihasilkan oleh bahasa assembly ukurannya paling kecil. Buktinya : hampir semua program virus yang banyak beredar adalah dibuat dengan menggunakan bahasa assembly karena ukurannya paling kecil, sehingga kehadiran virus tersebut menjadi lebih sulit terdeteksi.


Bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
Bahasa tingkat tinggi lebih dekat ke bahasa manusia dari pada bahasa mesin. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa pemrograman yang memiliki aturan-aturan gramatikal dalam penulisan ekspresi atau pernyataan dengan standar yang mudah dipahami oleh manusia. Yang tergolong bahasa tingkat tinggi antara lain : BASIC, Fortran, COBOL, Pascal, Prolog, C, dll. Ada sebagian para pakar yang menyebut bahasa C sebagai bahasa tingkat menengah (middle level language), karena dianggap bahasa C adalah bahasa tingkat tinggi yang mempunyai kelebihan hampir menyamai bahasa assembly karena kelengkapan fungsinya dalam mengakses perangkat keras. Kelebihan bahasa tingkat tinggi antara lain :
- mudah dipelajari
- mempunyai fasilitas trace & debug untuk mendeteksi adanya kesalahan (error)
- mempunyai fungsi/library yang lengkap sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pembuatan program.

Untuk lebih detilnya download aja fil pdf nya di sini
Semoga bisa Berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setelah membaca artikel di atas.
Apa komentar anda ??